Selasa, 28 Agustus 2012

Pentingnya Spooring Usai Mudik Lebaran

Pentingnya Spooring Usai Mudik LebaranApakah pada saat anda mudik lebaran kemarin anda mengalami guncangan hebat setelah berpapasan dengan truk atau bus yang melaju cepat? Mungkin anda mengira hal tersebut dipengaruhi oleh kecilnya ukuran mobil anda, padahal hal tersebut dipengaruhi oleh keselarasan ( spooring ) dan keseimbangan ( balancing ) roda serta adanya gangguan pada setir mobil.

Pentingnya Spooring Usai Mudik Lebaran
Mobil yang digunakan melaju selama berjam-jam dengan jarak tempuh berkilo-kilo meter untuk mudik lebaran ke kampung halaman, sangat besar kemungkinan komponen kaki-kaki mobilnya telah mengalami keausan sehingga keselaran dan keseimbangan rodanya harus diperbaiki. Komponen kaki –kaki mobil yang mengalami keausan bisa menyebabkan penyimpangan pada sudut kelurusan roda mobil. Oleh karena itu untuk menjaga kestabilan mobil perlu dilakukan spooring dan balancing secara berkala.  Untuk perawatan ini sebaiknya anda bawa ke bengkel mobil yang khusus melayani spooring dan balancing.

Tujuan utama spooring adalah untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan roda kiri, efek yang akan timbul apabila tidak seimbang bisa mengakibatkan mobil menjadi limbung bahkan bisa terasa berat sebelah, sedangkan balancing tujuannya adalah untuk membuat roda belakang parallel dengan roda depan. Balancing penting untuk menghindari adanya getaran – getaran kecil pada saat mobil dijalankan. Selain itu Spooring dan balancing juga berguna untuk membuat keausan mobil terjadi secara merata, sehingga mobil terjaga keamanan dan kenyamanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar